Program CSR Bakti BCA bagi masyarakat

Hasil gambar

Definisi CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Contoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability


Adapun 5 pilar yang mencakup kegiatan CSR yaitu:1. Pengembangan kapasitas SDM di lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan masyarakat sekitarnya.2. Penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan.3. Pemeliharaan hubungan relasional antara korporasi dan lingkungan sosialnya yang tidak dikelola dengan baik sering mengundang kerentanan konflik.4. Perbaikan tata kelola perusahaan yang baik5. Pelestarian lingkungan, baik lingkungan fisik, social serta budaya.

Berikut ini adalah manfaat CSR bagi masyarakat:1    .Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian lingkungan.       . Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.3    . Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.4    . Adanya pembangunan desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.

Berikut ini adalah manfaat CSR bagi perusahaan:1.      Meningkatkan citra perusahaan.2.      Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.3.      Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.4.      Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.5.      Memberikan inovasi bagi perusahaan


Seperti yang kita tau bahwa CSR itu perlu adanya bagi suatu perusahaan atau instansi sebagai bentuk timbal balik kepada masyarakat atau juga menambah nilai lebih suatu perusahaan untuk membedakan ia dan pesaingnya. Dan seperti yang kita tau juga bahwa banyak sekali program-program CSR yang ada saat ini. Sebagai analisis kali ini saya akan mengulas Program CSR dari perusahaan BCA.


Hasil gambar


Tentang Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
BCA aktif melaksanakan program tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility – CSR) di Indonesia. Di bawah naungan program “Bakti BCA”, BCA memberikan pendanaan dan menyediakan bantuan logistik melalui berbagai program CSR untuk sektor pendidikan, edukasi perbankan, pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM), kesehatan, pelestarian lingkungan, dan bantuan penanggulangan bencana alam.
Dalam bidang pendidikan,beberapa program kepedulian sosial dalam bidang pendidikan, antara lain:  
·         Program Pendidikan Akuntasi (PPA) non gelar, yang ditujukan kepada lulusan sekolah menengah atas atau sederajat yang berprestasi namun memiliki kendala finansial untuk dapat melanjutkan kejenjang  pendidikan yang lebih tinggi.  Peserta PPA tidak dikenai biaya dan tidak terikat ikatan dinas. PPA diselenggarakan sejak tahun 1996. Sampai dengan Desember 2011, PPA BCA mendidik 235 lulusan SMA dan sederajat. Dalam perkembangannya, PPA BCA bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti untuk mendapatkan gelar S1 Jurusan Akuntasi dari FE USAKTI.
·         Program Beasiswa Bakti BCA, bekerjasama dengan beberapa universitas negeri, BCA memberikan beasiswa kepada mahasiswa strata satu. Saat ini, BCA bekerjasama dengan 10 universitas negeri, dan beberapa lembaga – seperti dengan Yayasan Paramida, Yayasan Karya Salemba Empat, dan beberapa lembaga lain dalam penyaluran beasiswa.
   Bakti BCA Terintegrasi, melalui program ini, BCA membantuan pengembangan infrastruktur pendidikan untuk sekolah dasar dan menengah. Beberapa bentuk bantuan terserbut, antara lain bantuan buku perpustakaan, pengembangan laboratorium komputer, renovasi ruang belajar, maupun pelatihan guru dan beberapa bentuk lain. Sampai saat ini BCA telah memberikan bantuan kepada 17 sekolah dari mulai Sekolah Dasar hingga SMA di Gunung Kidul, Yogyakarta; Tanggamus, Lampung dan Taktakan Serang, Banten.
·         Pada tahun 2011, BCA bekerjasama dengan Unicef Indonesia mendukung program Pendidikan Ramah Anak di Indonesia
Hasil gambar·         Pada tahun 2012, BCA membantu pengembangan sarana di beberapa lembaga pendidikan tinggi, antara lain pengembangan laboratorium perbankan atau mini bank pada program Diploma, Fakultas Ekonomi – Universitas Brawijaya, Malang.
·         Di tahun 2012, BCA memberikan bantuan sarana perkuliahan seperti komputer dan LCD Projector serta Co Branding Kartu Flazz yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan civitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro sebagai kartu identitas.

Edukasi Produk Perbankan
BCA berpartisipasi aktif dalam program edukasi “Ayo ke Bank” yang diprakarsai oleh bank-bank yang tergabung di dalam forum kelompok kerja Edukasi Perbankan di Bank Indonesia. Tema edukasi perbankan pada tahun 2011 adalah “Gerakan Indonesia Menabung.”Kontribusi BCA diwujudkan melalui sejumlah kegiatan edukasi perbankan di berbagai sekolah di beberapa daerah di Indonesia, antara lain Lampung, Pekanbaru, Jambi, Lubuk Linggau, Manado, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Bangkalan (Madura), Singaraja (Bali), Banyuwangi, Gunung Kidul (Yogyakarta), Cirebon. Selain itu, pada bulan November 2011 sebanyak 500 siswa dari 22 SD di Malang dan sekitarnya, mengunjungi kantor cabang utama BCA di Malang dengan didampingi oleh orang tua dan guru untuk lebih mengenal produk Tabunganku dan manfaat menabung. 

Kesimpulan dari ulasan dan analisis saya tentang Program CSR Bakti BCA bagi masyarakat yaitu bila CSR benar-benar dijalankan secara efektif maka dapat memperkuat atau meningkatkan akumulasi modal sosial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Modal sosial, termasuk elemen-elemennya seperti kepercayaan, kohesifitas, altruisme, gotong royong, jaringan dan kolaborasi sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Melalui beragam mekanismenya, modal sosial dapat meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap kepentingan publik, meluasnya partisipasi dalam proses demokrasi, menguatnya keserasian masyarakat dan menurunnya tingkat kekerasan dan kejahatan.



sumber: 
- http://www.bca.co.id/id/about/bakti-bca/bakti_bca.jsp 
- http://www.usaha-kecil.com/pengertian_csr.html
- http://seputar-mahasiswa.blogspot.com/2013/10/pengertian-csr-manfaat-csr-dan_3763.html
-http://mekasurya.blogspot.co.id/2014/05/tugas-2-csr-corporate-social.html


#BANK #BCA #Perbankan #CSR #ProgramCSR #Ekonomi #Masyarakat #Mahasiswa #Beasiswa

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Investasi/Modal asing terhadap Perekonomian Indonesia

Sumber Pertumbuhan Ekonomi terhadap Kurva AD dan Kurva AS